Selasa, 02 September 2008

Membuat gambar bergerak auto slide show berextensi gif (graphics interchange format)...

Wah, ide ini timbul ketika saya ngublek – ublek website rohis. Kayaknya akan tambah seru kalau headernya diganti dengan gambar yang bisa ganti – ganti sendiri. Bisa menampakkan (kya sinetron misteri) seluruh kegiatan rohis, minimal mewakili seluruh kegiatan rohis. Saya mulai bertanya kepada setiap orang yang saya temui, sampai pula bertanya pada rumput yang bergoyang...:)). Kebanyakan dari mereka menyarankan bikin pake animasi flash, padahal pengetahuan flash saya jauh di bawah nol. Lagi – lagi om googleÔ datang tepat waktu. Ia mempertemukan saya dengan blog http://ardhi08.blogspot.com/ . Dari situlah saya tahu kegunaan adobe image ready (biasannya dah satu packet sama adobe photoshop). Mungkin hal ini sudah menjadi hal biasa tapi bagi saya merupakan suatu hal baru... Gini ringksan ceritanya:

Pertama – tama siapkan beberapa gambar berextensi .gif, terserah berapa banyaknya tergantung ente mau menampilkan berapa gambar dalam file yang akan ente buat. Tapi ukurannya harus sama lhoo!!! Kemudian buka salah satu file tersebut dengan adobe image ready, lalu liat secara full screen biar tambah jelas! Kemudian seret gambar tersebut keatas tapi jangan sampe ilang, entar susah dicari. Lalu masukkan gambar lain satu per satu. Jangan bareng – bareng, entar susah ngaturnya. Buka window animation. Atur delay atau waktu pergantian gambar terus ganti “forever”. And then, klik tanda play atau apalah namanya pokoke letaknya di bawah close window. (susah amat sih kasih nama! Amat aja nggak susah – susah). Kemudian klik
Make frames from layers, kemudian akan tercipta banyak frames, rapikan posisinya
Setelah itu, waktunya mengatur waktu pergantian gambar, atur terserah mau berapa sekon....
Naaahhh akhir dari kisah ini adalah setelah benar – benar yakin, waktunya mengcompile gambar – gambar tersebut menjadi satu file .gif. yaitu dengan save optimized as (Ctrl+Shift+Alt+S). Pada save type, pilih gif. Sekiranya itu yang dapat saya sampaikan, aku juga masih belajar, yooo,, maklumlah. Sedikit membantu buat yang belum bisa bikin animasi pake flash, seperti saya.... pokoke don’t give up. Keep fighting lah!

Tidak ada komentar: